Wednesday, May 11, 2011

Percantik Wajah Dengan Yoga

Menurut para ahli akupuntur, setiap orang memiliki energi atau aliran panas yang berasal dari dalam tubuh. Aliran tersebut akan terus mengaliri tubuh sepanjang seorang masih hidup. Nah, melalui terapi yoga, kita dapat mengarahkan energi tersebut menjadi sesuatu yang bisa menenangkan pikiran kita. Karena dengan pikiran yang tenang dan relaks tentu akan berdampak pada kecantikan kita, apapun hasilnya. Cobalah bandingkan dengan mereka yang pikirannya kalut dan dilanda masalah, tentu tak pada sesuatu yang bersifat konstruktif, yang dapat membuat pikiran menjadi tenang.



Yoga yang berasal dari kata yuj (dari bahasa Sansekerta) berarti mengendalikan, mengatur, dan berkonsentrasi, yang berfungsi menyelaraskan tubuh, jiwa dan pikiran kita. Selain itu, yoga dapat melancarkan aliran oksigen di dalam tubuh. Sehingga tubuh pun sehat, termasuk wajah. Khusus untuk wajah , Anda dapat melakukan yoga yang dapat membuat kulit wajah dan leher mulus, sehat , segar , serta mata berbinar cemerlang.


Mata

Sebaiknya yoga untuk mata ini dilakukan di luar ruangan sambil menghirup udara segar. Lakukan pagi hari sebelum beraktifitas atau malam hari sebelum tidur.


Fungsi:

- Memperlancar peredaran darah dan oksigen di sekitar mata

- Mengatasi kerut halus yang disebabkan oleh dehidrasi dan penuaan dini

- Mengatasi mata lelah akibat kurang tidur, terlalu lama membaca, menonton TV, atau bekerja di depan komputer, tidur dengan posisi yang salah, atau kebiasaan merokok

- Mengeluarkan kotoran yang ada di dalam mata melalui air mata

- Mengencangkan kulit di seputar mata dan membuat mata terlihat segar (dibantu dengan produk yang sesuai)

- Menghaluskan dan melembabkan kulit seputar mata

Cara:

- Penenangan. Duduk dan berkonsentrasi (1-2 menit) sambil melatih pernafasan. Di sini, energi di dalam tubuh diolah dan ditingkatkan

- Oleskan di seputar mata krim khusus mata, atau yang mengandung vitamin A, vitamin E, dan asam glikolat, atau produk yang memiliki lifting effect (mengencangkan), untuk membantu menghilangkan kerut-kerut halus dan menghaluskan kulit di sekitar mata

- Mulailah latihan dengan menggerakkan mata ke arah bawah, tahan dalam 8-12 hitungan atau sekuatnya (karena sifatnya tidak memaksa). Lanjutkan dengan menggerakkan mata ke arah atas, ke kiri, dan kanan, masing-masing dengan hitungan yang sama.

- Putar bola mata searah jarum jam dan sebaliknya secara perlahan.

- Mata memandang ke satu titik tanpa berkedip, hingga terasa perih dan mengeluarkan air mata.

- Lanjutkan dengan menggerakkannya ke sisi kiri bawah (diagonal) , kanan atas, kanan bawah, dan kiri atas

- Gosok tangan hingga terasa panas, lalu letakkan kedua tangan pada mata yang tertutup. Lakukan gerakan ini 3 kali.

- Relaksasi . Rebahkan badan atau tetap duduk bersila. Tutup mata dan kosongkan pikiran sehingga tubuh benar-benar relaks



Wajah & Kulit

Selain mata, wajah dan mulut tentunya perlu dilatih Yoga, perhatikan beberapa hal berikut :

- Jangan memaksakan gerakan karena akan membuat cedera

- Sebelum melakukan latihan ini, sebaiknya wajah dalam keadaan bersih ( tanpa kosmetik )

- Gunakan alas yang lembut ( misalnya selimut ) jika Anda berlatih di lantai

- Sebaiknya lakukan latihan ini setiap pagi , ataupun malam hari. Pada malam hari bisa disertai penggunaan krim malam .

- Setelah melakukan yoga untuk mata, lanjutkan denagn yoga untuk wajah dan mulut. Jika waktu Anda terbatas , lakukan secara terpisah . Setiap langkah berdurasi 8-12 hitungan .



Fungsi:

- Melancarkan peredaran darah di seputar wajah & leher

- Mengencangkan kulit wajah & leher

- Masker membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati, sehingga kulit wajah dan leher bersih, lembut, lembab dan segar.

No comments: